Cari
×

Daftarkan diri

Use your Facebook account for quick registration

OR

Create a Shvoong account from scratch

Already a Member? Masuk!
×

Masuk

Sign in using your Facebook account

OR

Not a Member? Daftarkan diri!
×

Daftarkan diri

Use your Facebook account for quick registration

OR

Masuk

Sign in using your Facebook account

Halaman Utama Shvoong>Produk>Barang Elektronik>Memanfaatkan Bekas Lampu Hemat Energi SL yg rusak

Memanfaatkan Bekas Lampu Hemat Energi SL yg rusak

oleh: BudyAyahNabilla    
ª
 
Siapa yang tidak kenal dengan Produk Lampu SL. Berbagai Merek seperti Philips, Songrui, Elektra dan merek2 lain yang sekarang telah beredar di pasaran dari produsen lama maupun baru. Berbagai persaingan harga dan model2 penawaran marketing dipromosikan, mulai dari harga yang murah maupun yang mahal dan menjamin produknya dengan garansi-garansi untuk menarik konsumen/pembeli.
Dengan banyaknya produk lampu SL tersebut yang dipakai otomatis banyak juga macam kerusakan komponen-komponennya antara lain resistor, kapasitor, atau bahkan cuman sekadar sambungan didalam lepas atau leleh karena batas waktu pemakaian.
Dari kerusakan tersebut ternyata masih dapat diperbaiki, dan tentunya bisa menghemat biaya dari pada untuk beli baru, malahan kadang bisa juga untuk menciptakan pekerjaan dengan memanfaatkan produk bekas tersebut dan tentunya mengurangi pengangguran dan bekas limbah yang semakin hari semakin bertambah.
Pengalaman saya mengenai cara memperbaiki lampu yg rusak tersebut ternyata mudah dan gampang untuk dipraktekan. Kerusakan lampu tersebut pada intinya adalah ;
1. Resistor 4K7 Resistansi 1 Watt terbakar yang bisa diganti dengan mengambil dari lampu bekas yang lain atau bisa beli di toko elektronik,
2. Kapasitor (Elco) 470 uf 400 volt yang terbakar/leleh karena faktor kestabilan tegangan,
3. Lampu kaca yang putih susu terbakar / hitam, akan tetapi lampu hitam/terbakar tersebut ada yg masih bisa dipakai. untuk membedakan kaca lampu bisa dipakai atau tidak sangatlah mudah karena bisa dilihat secara kasat mata dengan memperhatikan apabila tinggi lampu hitamnya masih sejajar masih bisa dipakai tapi apabila tingginya hitam/terbakar tersebut tidak sejajar sudah pasti tidak bisa dipakai.

Terimakasih semoga bermanfaat jangan lupa berikan sedikit nilai...
Diterbitkan di: 11 Desember, 2011   
Mohon dinilai : 1 2 3 4 5
  1. Menjawab   Pertanyaan  :    kalau r atau tahanan bisa rusak ngak gan Lihat semua
  1. Menjawab   Pertanyaan  :    APAKAH ADA YANG JUAL SL NYA ATAU LAMPU KACA NYA YANG BARU. KALAU ADA DI MANa???????????????????? Lihat semua
  1. Menjawab   Pertanyaan  :    kalo harga untuk bohlam/lampu kacanya sendiri berapaan ya, trus yang jual di daerah mana... mohon email ke viosriko@yahoo.co.id makasih . tomi :) ( 1 Jawaban ) Lihat semua
  1. Jawaban  :    Jual kaca lampu LHE hub 021-34316862 05 Maret 2013
  1. Menjawab   Pertanyaan  :    cara membuka casing yang nempel ketat pada alas lampu bagaimana ya? saya coba kok ada beberapa casing lampu yang bongkarnya susah amat.., apa ada alat khusus untuk membuka casing lampu SL tersebut? Lihat semua
  1. Menjawab   Pertanyaan  :    Baik, saya sudah praktikkan saya sdh ganti resistor sesuai ukuran yg lama akan tetapi dinyalakan resistog yang baru putus lagi, saya sdh periksa tetapi tidak ada yang aneh,bagaimana itu mas Lihat semua
  1. Menjawab   Pertanyaan  :    cara pemanfaatan dan penghematan macam macam energi dalam kehidupan sehari hari? Lihat semua
  1. Menjawab   Pertanyaan  :    Apakah komponen yang rusak semua sama dari sekian merk dan kapasitas lampu SL yang ada? ( 1 Jawaban ) Lihat semua
  1. Jawaban  :    menurut ane ga semua merk tu sama rusaknya,cuma klo untuk merk cina kebanyakan kerusakanya menitik beratkan pada capasitor ( elco )yg ukuran mickronya (ane kurang hafal)tp dengan ukuran voltnya 250 v - 400 v 14 Agustus 2012
  1. Menjawab   Pertanyaan  :    lampu hemat energy LED untuk ukuran 10 watt nyampai berapa harga nya? Lihat semua
  1. Menjawab   Pertanyaan  :    bisa minta tolong disertai dengan gambar biar tambah jelas? mks Lihat semua
  1. Menjawab   Pertanyaan  :    mantaph nice inpoh gan... ( 1 Jawaban ) Lihat semua
  1. Jawaban  :    ya itu pengalamanku karena banyaknya lampu yang rusak dirumah... terima kasih like and comment'y 11 Desember 2011
Terjemahkan Kirim Link Cetak
X

.